Rabu, 24 April 2013

Tipe Tipe Orang

Assalamualaikum, udah lama nih ga ngeblog, pas liat blog kok jadi banyak binatang gini mulai dari semut sampe burung berterbangan hahahahahahahaha, kali ini gue mau ngeshare tentang kepribadian nih soalnya pas tadi gue ngobrol sama sahabat gue, gue jadi semakin ngerti akan hal ini hahahaha, langsung aja yoooo.....

Ada empat watak utama yang umum dimiliki oleh manusia. Dan yang pertama kali menemukannya adalah Hippocrates pada 400 tahun SM! Sampai sekarang, keempat watak ini tetap ditemukan. Juga watak perpaduan antara keempatnya. Lalu apa yang membuat diri anda begitu istimewa?
Banyak hal. Temukan betapa hebat dan kreatif Tuhan membuat Anda dalam Kepribadian Plus.
Dari sini Anda akan mengetahui apakah Anda :
>Seorang Sanguinis yang spontan, lincah, dan periang
>Seorang Melankolis yang penuh pikiran, setia, tekun
>Seorang Koleris yang suka petualangan, persuasif, percaya diri
>Seorang Phlegmatis yang ramah, sabar, puas
atau
perpaduan dari sifat-sifat di atas. Anda juga akan mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menggunakan aset anugerah Tuhan yang unik ini untuk mendatangkan keserasian dalam semua hubungan Anda. FlorenceLittauer menjelaskan : ”Setelah kita tahu siapa diri kita dan mengapa kita bertindak dengan cara seperti yang kita lakukan, kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita, dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain.”
Kepribadian kita biasanya ada 2 kombinasi yang berbeda. Bisa perpaduan Sanguin Koleris, Sanguin Phlegmatis, Koleris Melankolis, Melankolis Phlegmatis, atau perpaduan yang lainnya.
Karakter itu bisa dilihat dari mata, sikap tubuh, gaya bicara, gaya pakaian atau dari caranya mengambil keputusan. Misalnya gini..
Orang-orang Sanguin bisa keliatan dari :
  • Keliatan dari sorot matanya sering berbinar dan tampak berkaca-kaca ceria, pupil matanya cenderung besar
  • Dia banyak bicara dan tertawa, heboh, serta punya banyak guyonan, suka ngerjain orang
  • Waktu dia bicara seluruh wajah dan kebanyakan anggota tubuhnya ikut gerak untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan
  • Pada waktu duduk tidak bisa diam
  • Ngga sungkan untuk nanya2
  • Suka pakai pakaian yang warnanya ngejreng bukan main, atau apapun yg mbikin dia tampak mudah dibedakan dg yg lain
  • Minta dikomentari ama teman2nya tentang apa aja yang dia punya
  • Mikirnya cepat, dan itu karena dia tahu manakah alternatif yg paling atau lebih menyenangkan
Orang-orang Melankolis bisa keliatan dari :
 
  • Sering pake perkataan seperti “tergantung” atau apapun yg menunjukkan dia banyak banget yg dipertimbangkan
  • Ketika dengerin Anda bicara dia sering banget pake pose non verbal tangan ke wajah
  • Sering bilang “minta maaf” atau semacamnya
  • Saat duduk sikap nonverbalnya tampak spt orang yg sedang mengevaluasi (i.e. tangan di dagu, tangan di pipi)
  • Peka pada bagaimana orang lain memberi tanggapan
  • Bisa sampe menangis kalau denger cerita orang lain
  • model pakaian dan style-nya konservatif (i.e. bukan motif berani, kemeja dimasukkan baju, dst)
  • Mikirnya lama, dan banyak pertimbangan
Orang – orang Koleris bisa keliatan dari :
  • Sorot matanya tajam, dan berani bertatap pandangan lama
  • Duduk sikapnya tegak, gayanya defensif dan/atau superior (tangan bersilang di depan dada, kedua tangan diletakkan di belakang tengkuk)
  • Tiba-tiba aja suka betulin kerah baju Anda yg melenceng
  • Secara otomatis cenderung suka nyuruh2 orang
  • Gigih banget membuat orang lain menerima pendapatnya
  • Suka berdebat dan beda pendapat dengan orang lain
  • Suka menjadi pemimpin
  • Orang lain harus ikut caranya, kalo ngga suka, ya udah, tinggal! 
Orang – orang Phlegmatis bisa keliatan dari :

  • Kalo ngomong pelan, lebih suka mendengarkan ketika ada di kerumuman, pendengar yg baik
  • Saat duduk pinggangnya lebih dekat atau menyentuh alas duduk
  • Orangnya nurut, ngga bisa nolak request orang lain
  • Bila mikirnya lama, dan tampak banget bahwa dia ternyata tidak sedang berpikir keras dan ikut sama keputusan yg sudah ada
  • Menghindari konflik
  • Easy going, enak diajak ngobrol
  • Orangnya Santai
  • Kalau misalnya ada konflik, biasanya dia suka jadi penengah atau menengahi.
So, jadi gini. Ketika Anda baru aja dikenalkan:
dengan Sanguinis, maka ingat bahwa dia tu senang dipuji, ketika dia bercanda sebaiknya Anda tertawa. Anda boleh2 aja ngeledek dia, tapi berhati-hatilah untuk tidak mengkritik dia.
dengan Melankolis, maka ingat2lah bhw dia tu ndak suka omongan mbulet atau basa basi berlebihan. Ngati-ngati klo ngguyoni dia. Perasaannya paling peka ketimbang yg lain. Ndak perlu juga mengkritik dia. Para melankolis biasanya sudah amat pintar mengkritisi dirinya.
dengan Koleris, maka ingat bhw dia suka banget ktk orang lain memberi pengakuan atau kagum akan segenap pencapaian dia. Biarkan aja dia banyak bicara dan bersikap dominan. Anda tak harus sepakat dg apa2 yg dia omongkan, tapi sebaiknya Anda (terlihat) mendengarkan dg baik apa yg dia sampaikan.
dengan Phlegmatis, Anda ndak punya terlalu banyak larangan. Phlegmatis adl kaum yg paling easy going dan enak diajak ngobrol.
Untuk hadapi setiap temparemen, kita perlu tahu dulu apa yang mereka butuhkan dan hindarkan, untuk kemudian bisa melakukan penyikapan yang bersesuaian. Anda bisa mengacu pada daftar berikut. Dan sebagai catatan, daftar yang berikut ini akan paling terlihat pada anak-anak atau remaja atau mereka yang mencapai ekstrimitas (ingat bahwa kita biasanya kombinasional)
Untuk Sanguinis, yang mereka butuhkan:
  •  Perhatian
  •  Dukungan
  •  Kasih sayang
  •  Penerimaan
 Dan yang mereka hindari:
  •  Tugas membosankan
  •  Rutinitas
  •  Kritik
  •  Detail
  •  Sasaran terlalu tinggi
Untuk Melankolis, yang mereka harapkan:
  •  Kepekaan keinginan
  •  Kualitas prestasi
  •  Ruang sendiri
  •  Ketenangan stabilitas
  •  Dukungan orang tua atau singkatnya: Sensitivity – Support – Space – Silence
Yang mereka hindari:
  • Keributan
  •  Kebisingan
  •  Urusan2 sepele
  •  Diolok-olok
Untuk Koleris, yg mereka butuhkan:
  •  Penghargaan prestasi
  •  Peluang memimpin
  •  Partisipasi memutuskan
  •  Sesuatu utk diatur
Lalu yang mereka hindarkan:
  •  Istirahat
  •  Kebosanan
  •  Permainan yang tak mungkin dimenangkan
Untuk phlegmatis, yang mereka butuhkan:
  •  Relaksasi dan Santai
  •  Perhatian
  •  Pujian
  •  Motivasi penuh kasih
Yang mereka hindari:
  •  Konflik – Konfrontasi
  •  Inisiatif
  •  Keputusan
  •  Kerja ekstra
  •  Tanggung jawab
    nah itu tuh sifat sifat, jangan ketawa ketawa sendiri, hal ini juga bisa digunain saat lagi pdkt sama gebetan gebetan lo, jadi lu bisa tau apa yang dia senengin dan apa yang bisa buat dia ilfeel hahaha :)))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar